Jumat, 16 Maret 2012

Menerbitkan Buku Gratis untuk Komunitas!!


Berbicara tentang Kota Buku, tidak bisa lepas dari kota Yogyakarta tercinta ini. Lebih dari 50 penerbit tersebar di berbagai daerah di Yogyakarta. Dengan basis budaya dan pendidikan, tentunya dunia literasi di Yogyakarta layak mendapat perhatian lebih. Tahun ini, Dinas Pariwisata bekerja sama dengan Ikatan Penerbit Indonesia DIY mengagas Yogyakarta sebagai Kota Perbukuan Nasional.

Pada 2011, Anggota IKAPI menerbitkan 12 ribu judul buku. Sedangkan tahun ini, IKAPI memasang target 23 ribu buku dalam setahun. Hal ini jelas memberi angin segar bagi para penggiat literasi. Namun sayang, momok yang beredar di masyarakat tentang bagaimana susahnya menembus penerbit konvensional kerap menurunkan semangat para penulis muda. Berawal dari kegelisahan itulah, LeutikaPrio muncul sebagai jalan keluar bagi kemelut yang dihadapi para penulis muda.

LeutikaPrio sebagai Self Publishing terfavorit di Indonesia versi tentukan.com meluncurkan program baru sebagai bentuk apresiasi bagi para calon penulis hebat. Berbasis online, LeutikaPrio menantang komunitas-komunitas penulis untuk menghasilkan karya dan menerbitkannya secara gratis di LeutikaPrio. Satu komunitas untuk satu buku dalam satu bulan.

Program yang diusung dengan tema “Write to inspire #1” ini sekaligus menjadi bukti bahwa karya para penulis muda-pun memiliki kualitas dan bisa diterima publik. 

Tertarik?

Daftarkan komunitasmu sekarang juga. Caranya: kirimkan profile singkat Komunitasmu ke redaksi@leutikaprio.com dengan subjek: KOMUNITAS PENULIS. Ceritakan sejarah berdirinya, jumlah anggota, kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan plus foto dokumentasi, lengkapi dengan contact person Ketua atau koordinator dan link Fanspage atau blog (kalau ada).

Komunitas yang lolos seleksi tahap pertama akan dihubungi dan diinterview via YM. Nah, setiap bulan, LeutikaPrio akan memilih satu komunitas untuk mendapatkan paket penerbitan reguler GRATIS!

Ps: Program ini berlangsung mulai Februari s/d Juni 2012.


0 komentar: